• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Puskemas sinak Milik Ruang Rawat Inap

02 May 2017 944

*Agustus Murib:”Kami minta bangunan baruh dan rumah pegawai “

SINAK- Meski Distrik Sinak, dikenal sebagai daerah berada di wilayah pegunungan tengah yang terkenal sulit dari letak geografisnya,dan terkenal sebgai daerah yang rawan terjadi pertistiwa kriminal bersenjata, namun para medis dan dokter yang bertugas di PusKepala Puskesmas Sinak tidak patah semangat mereka terus berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Distrik Sinak.

K-F: Nampak pelayanan terhadap salah satu pasien di ruang rawat inap, Puskesmas Sinak, foto diambil senin (20/3),kemarin.

Hal ini terlihat di ruang rawat inap, terlihat ada salah satu pasien yang dirawat inap, sementara salah satu petugas piket, terus mengawasi cairan infus, yang dipasang ditangah si pasien.
Menurut Kepala Puskemas Sinak Suster Agustus Murib, jumlah medis dan dokteryang ada di Puskemas Sinak sendiri berjumlah i 40 orang  medis dan perawat,sementara tenaga honor Delapan orang, sedangkan dokter umum berjumlah dua orang, dokter gigi 1 orang.
“Penyakit yang paling banyak kami temukan adalah ISPA (infeksi saluran pernafasan akut), Malaria karena kondisi disini dingin dan penyakit kulit, kadang ada wabah diare yang muncul disini,”ungkapnya.
Soal kendala yang dihadapi?menurut  suster asli Sinak ini, kendalanya adalah keterlambatan dalam pengiriman obat dari Dinas Kesehatan, namun sebagai langkah alternatif adalah mereka menggunakan dana BPJS selanjutnya membeli obat di Timika dan Nabire, sambil menunggu obat datang.
“sehingga pasien bisa dilayani dengan baik, tanpa harus menunggu obat, dan puji Tuhan selama ini pelayana baik sekali,”ujarnya.
Ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih sebab pada tahun 2016 kemarin, mereka mendapat bantuan kendaraan hailux untuk melayani pasien di Kabupaten Puncak, dan semua berjalan dengan baik.
“Kami juga akan mendapat bantuan mobil ambulance pada bulan maret, kita akan manfaatkan untuk melakukan kunjungan ke pasien, mengingat medan disini cukup berat,”tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga berharap agar pemerintah daerah, bisa membantu untuk merenovasi gedung puskesmas Sinak, lantaran bangunan yang ada saat ini, merupakan gedung lama sejak Distrik Sinak, masih masuk ke wilayah administrasi Pemkab Nabire.
“Kami berharap ada rumah-rumah dinas bagi para dokter dan medis disini, biar mereka betah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”harapnya.( dikominfo Puncak/Cak)