• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

“Terima kasih Guru, kalian jadikan kami orang besar!”

01 Nov 2014 538

(Ilaga 31/10/2014) Bupati Puncak Willem Wandik, SE., M.Si melantik sebanyak 49 PNS di lingkungan instansi Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olaharaga. Agenda Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji bagi UPTD, Pengawas, Kepala Sekolah-TK, SD, SMA, dan SMK se-Kabupaten Puncak yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Jumat pagi ini dihadiri oleh puluhan tamu dan hadirin. Dalam SK yang dibacakan, terinci 2 PNS yang diangkat sebagai Kepala TK, 28 PNS sebagai Kepala SD, 6 PNS sebagai Kepala SMP, dan 3 PNS sebagai Kepala SMA dan SMK. 
Dalam sambutannya, Bupati Puncak menerangkan bahwa proses pengembangan karir PNS dalam jabatan struktural bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu banyak pertimbangan yang teliti, cermat, dan penilaian yang matang agar pejabat yang dipilih adalah orang yang tepat. Karena ini menyangkut proses pengambilan kebijakan dan keputusan. Seorang pejabat harus bisa memotivasi dan menigkatkan kinerja bawahannya. Sehingga dituntut harus selalu kedepankan prinsip profesionalisme dan kecakapan syarat obyektif lainnya. 


Bupati menambahkan, syarat obyektif lainnya yang dimaksud seperti disiplin, kesetiaan, pengalaman, pengabdian, dan dapat dipercaya.  Selain itu PNS calon pejabat harus memenuhi kepangkatan dan kualifikasi pendidikan. Diharapkan potensi dan kompetensi calon pejabat dapat tergali sesuai pemetaan dalam struktur birokrasi. 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengingatkan kepada pejabat Dinas Pendidikan yang baru saja dilantik untuk sesuai aturan dalam bertindak. Teladani etos Ki Hadjar Dewantara dengan tiga semboyan kepemimpinannya. Pendidik itu juga pemimpin. Diharapkan para guru bisa memunculkan ide kreatif dan inovatif. Dalam kontrak kerjanya, para guru PNS yang dilantik hari ini akan tunduk terhadap segala komitmen untuk terus belajar dan membuat rencana-rencana aksi. Kontrak ini penting untuk menjalankan misi organisasi Dinas Pendidikan dan sebagai alat evaluasi yang bersangkutan agar efektifitas dan efisiensi kerja pada Dinas Pendidikan segera terealisasikan. 

​


“Ini guru semua sudah resmi, sudah dilantik, sudah definitif. Kalian berhak menerima insentif. Tolong kerjasama sehingga kita dapat mengangkat putra putri Puncak. Target kita 10 tahun sudah ada yang muncul prestasinya. Kepala Dinas harus selalu bicara pembangunan manusia. Investasi Sumber Daya Manusia (SDM). Pengawas harus komunikasikan dan koordinasi, membuat laporan dan bertanggung jawab. Presensi harus jalan! Semua harus di tempat, semua wajib di tempat! Ke depan saya akan buat kompetisi perebutan ‘Distrik Percontohan Pendidikan’, juga akan ada lomba cerdas tangkas-cerdas cermat tiap distrik yang nanti akan maju di tingkat Kabupaten. “
Menutup sambutannya, Bupati Puncak mengucapkan, “Terima kasih guru, kalian jadikan kami orang besar. Kalian pegang kapur, itu hebat. Menangkanlah anak-anak di bukit-bukit, di lembah-lembah, di balik gunung. Angkat mereka semua menjadi pemimpin! Selamat bekerja! Doa saya menyertai kalian.“ (mar)