• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Sidang Paripurna APBD Perubahan Kabupaten Puncak Tahun Anggaran 2014

30 Sep 2014 463

(Ilaga  30/9/2014) Dalam rangka optimalisasi kinerja pembangunan di Kabupaten Puncak, DPRD Kabupaten Puncak bersama dengan Pemerintah Kabupaten Puncak menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Pembukaan Pembahasan RAPBD Kabupaten Puncak Masa Sidang III Tahun Anggaran 2014 di Ruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Puncak, Jalan Kusuma Bangsa 1, Distrik Ilaga, pada Selasa, 30 September 2014 pukul 11.00 WIT. Agenda utama sidang kali ini adalah pembahasan APBD Perubahan Tahun 2014.


Ketua DPRD Kabupaten Puncak, Elvis Tabuni SE. dalam sambutannya meyampaikan walaupun Sidang kali ini terkesan singkat, tetapi diharapkan tetap berjalan sesuai dengan harapan rakyat. Elvis juga menambahkan, “Setelah Penetapan APBD Perubahan ini, semoga Tim Anggaran Pemerintah Daerah dapat mempersiapkan diri untuk Tahun Anggaran ke depan yang hanya bersisa 3 bulan lagi. Dalam pelaksanaannya nanti, APBD juga harus dilandasi dengan dengan tanggungjawab agar tepat sasaran, terarah, dan terukur, karena APBD penting demi agenda pembangunan dapat berjalan.” 


Bupati Puncak Willem Wandik, SE, M.Si dalam pengantar nota keuangannya, menyampaikan bahwa proyeksi pendapatan daerah pada  APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014 secara umum mengalami kenaikan dari 1,07 trilyun rupiah  menjadi 1,16  trilyun Rupiah atau mengalami kenaikan sebesar 8,03 %. Sedangkan belanja daerah pada perubahan anggaran 2014 dianggarkan sebesar 1,43 trilyun Rupiah bertambah sebesar 90,37 milyar Rupiah jika dibandingkan dengan anggaran belanja semula yang sebesar 1,34 trilyun Rupiah,  atau mengalami penambahan sebesar  6,74%. Ke depan, Pemerintah akan berupaya serius meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor perpajakan dan penarikan retribusi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mengedepankan asas kepatutan agar tetap menjamin kemaslahatan masyarakat Puncak. 


Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota Dewan yang telah mengabdi dan bekerja selama ini, dan sekaligus mengucapkan selamat bekerja kepada Anggota Dewan yang terpilih pada periode 2014 – 2019.  Di hadapan hadirin dan undangan, Willem Wandik menegaskan kembali visi dan misi Kepala Daerah yang masih berfokus pada rekonsiliasi dan pembangunan fisik. “Empat hal yang diangkat oleh Bupati sebagai tema utama pembangunan Kabupaten Puncak yakni damai, terdidik, sehat, dan sejahtera. Damai (keamanan) menjadi poin penting, syarat mutlak, dan pembuka jalan dalam pembangunan  di daerah kita tercinta ini” (mar)