• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Peringatan 28 Tahun Otonomi Daerah di Ilaga, Puncak Papua Tengah

25 Apr 2024 319

ILAGA—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Menyelenggarakan Upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII (28) di halaman Kantor Bupati Puncak, Kamis (25/04/24).

Penjabat (Pj) Bupati Puncak Ir. Darwin Tobing sebagai inspektur upacara Hari Otda ke 28 memembacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Tema Hari Otonomi Daerah ke 28 adalah  Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Kata PJ Darwin Tobing tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia  sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945. Berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

“Kita sebagai pemerintah daerah (pemda), diberikan kewenangan untuk mengatur sesuai dengan sumber daya dan karakteristik daerah, ini merupakan suatu kewenangan yang luas untuk memberikan ruang untuk kita (pemda) berimprofisasi, bagimana kita (Pemda) menyelanggarakan pemerintahan dan pembagunan sesuai dengan konteks lokal," tambahnya.

Dikatakan, dalam tema tahun ini kita harus memperhatikan keberlanjutan dalam bentuk keselamatan lingkungan dengan tidak mengorbankan lingkungan. "Jadi kami di Kabupaten Puncak terus berupaya melakukan program pembagunan, perencanaan, penganggaran untuk benar benar berpihak ke masyarakat," jelasnya.

Pj Bupati juga mengingatkan pentingnya keamanan dalam proses pembagunan "Bekerja sama dan bersinergi dengan aparat keamanan, juga melibatkan masyarakat sehingga tanggung jawab kemananan yang merupakan salah satu dasar penting dalam pelaksanaan pembagunan di kabupaten puncak ini dengan kondisi yang kondusif dalam waktu yang lama bahkan untuk selamanya, karena patut kita ketahui bahwa kondisi di Kabupaten Puncak rawan terkendali," jelasnya.

Pj Darwin Tobing berharap semua pimpinan OPD dan seluruh ASN terlibat baik secara moril, tanggung jawab sesuai tupoksi masing -masing, dan dengan hari otonomi daerah ini memberi motivasi dan fokus memprioritaskan program pembagunan yang berujung kepada kesejahtraan masyarakat.