• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Tanah Papua Kebangkitan Yesus Kristus Membawa Damai, Perayaan Paskah di Kota Ilaga Berlangsung Hikmat

31 Mar 2024 428

Perayaan paskah yang dilaksanakan di seluruh gereja di Kota Ilaga, Kabupaten Puncak,Provinsi Papua Tengah berlangsung hikmat.

Terpantau di Gereja Kristen Injili (GKI) Eklesia Ilaga, kegiatan ibadah ini dilakukan berbeda dengan biasanya, dari Sabtu (30/3/2023) sore dilakukannya pemutaran film di gedung dan dilanjutkan dengan melakukan puji-pujian hingga fajar menyingsing.

Pada pukul 07.00 wit, Minggu (31/3/2024) prosesi ibadah Paskah dilaksanakan, yang dipimpin oleh Pdt. Lea Rumayauw S.Si. Pada ibadah ini terambil dalam Lukas 23 : 56b – 24: 1 – 12 dengan tema “ kemenangan atas kematian di dalam kebangkitan Kristus”.

Pdt Lea dalam khotbahnya mengatakan kebangkitan Tuhan Yesus merupakan sebuah hadia untuk menolong, menggenapi dan merubah kita secara tidak kita bayangkan.

“hari ini adalah hari yang kudus hari dimana Yesus bangkit untuk menolong kita saudara, Yesus datang menggenapi hukum taurat, Yesus datang untuk membawa kita dalam paradigma surgawi. Apabila Yesus itu hidup di dalam kita maka kita akan bangkit, bangkit dalam merubah segala sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin”,kata Pdt Lea.

Penjabat (Pj) Bupati Puncak Ir Darwin Tobing, usai ibadah perayaan Paskah di GKI Eklsesia Ilaga, mengatakan mewakili Pemkab Puncak menyampaikan selamat paskah bagi seluruh kristiani di Kabupaten Puncak.

“selamat paskah, selamat hari kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dari kematian dalam rangka penebusan dosa manusia di seluruh dunia bagi seluruh umat kristiani dimana saja khususnya umat kristiani di kabupaten Puncak”kata Pj Bupati.

KF: Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Puncak, Ir.Darwin H Tobing.

 

Pj Bupati mengatakan keadaan yang aman dan kondusif di tengah masyarakat saat ini merupakan sebuah anugerah bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat merayakan acara keagaaman dengan begitu hikmat mulai dari ibadah jumat agung sampai dengan ibadah paskah dan juga berbagai kegitan lomba seperti lomba vocal grup,cerdas cermat alkitab untuk menyambut hari raya paskah.

“Panitia-panitia gereja-gereja (Persekutuan Gereja Gereja Puncak/PGGP) Puncak melaksanakan lomba, lomba vocal grup dan CCA itu semua dilakukan dalam rangka hari raya paskah” Kata Pj Bupati Puncak.

Kegiatan keagamaan semua ini dapat terlaksana karena keadaan yang aman dan kondusif di Kabupaten Puncak.

Pj Bupati Puncak menghimbau seluruh masyarakat kristiani secara khusus di Kabupaten Puncak untuk bagaimana mempraktekan dan mengimani kebangkitan Yesus sebagai juru selamat di dalam kehidupan sehari-hari.

Baik dalam tugas dan pelaksaanaan sebagai ASN, aparat TNI-Polri, unsur-unsur gereja, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh elemen masyarakat dengan terus menjaga karakter dan bertanggung jawab untuk pelaksanaan tugas, dan bersama-sama menjaga keadaan yang aman dan kondusif di Kabupaten Puncak.

Sementara itu salah satu warga jemaat GKI Eklesia, Daniel Wanma membenarkan paskah tahun memiliki kesan yang sangat mendalam dibandingkan di tahun sebelumnya.

“untuk paskah tahun ini yang saya rasakan, di bandingkan dengan tahun sebelumnya Puji Tuhan kami dapat mengadakan ibadah paskah dengan keadaan dan suasana yang aman”kata Daniel.

Untuk diketahui bersama bahwa
di Kabupaten Puncak merupakan daerah rawan kelompok kriminal bersenjata, akan tetapi saat ini di Puncak terpantau kondisi kamtibmas aman dan kondusif.