• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih gantikan Satgas 300 siliwangi tugas keamanan di Puncak

23 Feb 2024 803

Pemberikan cendramata dari Pemkab Puncak oleh Penjabat Bupati Puncak Ir,Darwin Tobing,MM, kepada  Dansatgas 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, di Kantor Bupati Puncak, Ilaga, Kamis,22 februari 2024.

ILAGA- Hampir setahun melaksanakan tugas di Kabupaten Puncak, sejak 1 Juli 2023,lalu, dalam rangka menjaga stablitas keamanan di Kabupaten Puncak, akhirnya Satgas Mobile Yonif Raider 300/Bjw Kodam III Siliwangi Jawa Barat, mengakhiri tugasnya di Kabupaten Puncak, selanjutnya tugas tersebut akan diserahterimakan kepada Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih,serah terima stagas tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Puncak Ir,Darwin Tobing,MM, di Kantor Bupati Puncak,Ilaga,Kamis,22 februari.

Untuk diketahui, hadir dalam acara serah terimah Satgas tersebut, Komandan Yonif 300 Brajawijaya, letkol Inf. Afri Swandi Ritonga serta Komandan  Satgas Mangkalana Dikjayana/ Buaya putih 323 Letkol Inf. Triwinarto, serta Pj. Sekda Puncak Zainudin Rahcman,S.STTP, Kapolres Pncak, kompol I Nyoman Punia dan beberapa pimpinan OPD, serta para anggota satgas, dalam kesempatan ini pula ada pemberian cendera mata dari pemda puncak, pj. Bupati Ir Darwin Tobing, kepada  Danyon 300 dan sebaliknya dari Danyon 300 Kepada Pemkan Puncak.

Penjabat Bupati Puncak Ir. Darwin Tobing,MM, menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan pengabdian kepada Satgas 300 dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut,sebab daerah Puncak,terbilang rawan terhadap gangguan keamanan. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas peran penting Satgas 300 dalam menjaga stabilitas keamanan di daerah tersebut.

“Saya memberikan penghargaan khusus kepada Dansatgas Yonif 300/BJW atas keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan,terutama pendekatan persuasif,budaya lokal, dengan sangat baik, terutama dalam memberikan rasa aman bagi warga setempat, dan yang utama dalam menjaga pelaksanaan Pesta demokrasi Pemilihan umum, sehingga sudah berjalan aman dan lancar,”tukasnya.

“Program-program yang telah dibuat juga telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Puncak. Program-program tersebut telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat,”ungkap  Pejabat Bupati.

Selain itu,Kata Bupati, penghargaan tersebut juga diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh masyarakat terhadap kehadiran Satgas Yonif 300/BJW. Kecintaan masyarakat terhadap Satgas Yonif 300/BJW tercermin dalam berbagai bentuk penghargaan dari masyarakat, termasuk pemberian marga kehormatan kepada Dansatgas 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga. Masyarakat Distrik Gome dari Suku Dani memberikan Marga “KOGOYA” kepada Dansatgas 300, sementara masyarakat Mayuberi dari Suku Damal memberikan marga “DANGMAGAI” sebagai tanda penghargaan atas kontribusi dan kehadiran yang positif dari Satgas Yonif 300/BJW di wilayah mereka.

“Penghargaan ini menjadi bukti konkrit akan keberhasilan program-program dan dukungan yang diberikan oleh Satgas Yonif 300/BJW dalam membangun hubungan yang harmonis dan berkelanjutan dengan masyarakat Kabupaten Puncak,”tuturnya.

Sementara itu,Dansatgas 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga menceritakan kehadiran mereka cukup diterimah baik oleh masyarakat setempat, bahkan prajurid dan warga setempat saling membantu dalam pembangunan di daerah setempat,ketika masyarakat membutuhkan makanan, atau pengobatan, stagas juga hadir membantu mereka,karena tugas dan pendekatan selalu dilandasi oleh kasih Tuhan., “Bagaimana kita berbuat baik, harus didasari dari hati,untuk membantu masyarakat, karena ibu kandung dari TNI adalah masyarakat itu sendiri,”tuturnya.

“Kami adalah bagian dari masyarakat sehingga apapun yang kita lakukan sebagai prajurid TNI, harus dengan hati, untuk melindungi masyarakat,”tukasnya.