• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Entry meeting pemeriksaan BPK RI atas audit pendahuluan LKPD Kabupeten Puncak Tahun Anggaran 2023

21 Feb 2024 418

Ilaga- Entry meeting pemeriksaan BPK RI atas audit pendahuluan LKPD Kabupeten Puncak Tahun Anggaran 2023, bertempat di aula Kantor Keuangan dan Aset Daerah,  Rabu 21 Februari 2024. Dibuka langsung oleh Pj. Bupati Puncak Ir. Darwin Tobing. Kedatangan BPK RI dipimpin oleh Ketua Tim.

Tujuan pemeriksaaan adalah memperoleh opini atas kewajaran informasi keuangan yang di sajikan dalam laporan keuangan.

Pengertian opini sendiri adalah pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang di sajikan dalam laporan keuangan sebagaimana yang termuat dalam undang-undang nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Opini terbaik yang bisa di berikan oleh BPK RI selaku pemeriksa atas pengelolaan dan tanggung jawb keuangan negara di sebut WTP (wajar tanpa pengecualian). Dimana Kab. Puncak sudah mendapatkan 5 tahun terakhir secara berturut-turut.

“Kami saat ini sedang melakukan pemeriksaan interim tahun anggaran 2023 atas kabupaten puncak, kami datang disini untuk memeriksa laporan keuangan dan pengelolan keuangan daerah” Kata ketua tim Muchamad Dwiharyanto.

Pj. Bupati Puncak menyambut baik kedatangan TIM BPK RI di kabupaten puncak, dengan kehadiran TIM BPK menunjukan bahwa di Kab. Puncak keadaanya kondusif, dapat kita ketahui kab. Puncak merupakan daerah rawan KKB (kelompok kriminal bersenjata).

“Kami sangat senang ketika tim BPK bisa tiba di Ilaga kabupaten Puncak, itu mendandakan daerah kami dalam keadaan kondusif” kata Pj. Bupati Puncak.

karena memang beberapa tahun sebelumnya pemeriksaan dilakukan di Timika, tahun ini kami buktikan kabupaten puncak aman dan bisa di datangi oleh siapa saja untuk melakukan tugas dan tanggung jawab” tambah Pj. Bupati Puncak.

Proses pemeriksaan akan dilakukan selama 20 hari, diharapkan semua pihak dapat mendukung dan membantu proses pemeriksaan hingga selesai dan berjalan dengan baik.

Seperti yang di katakan Inspektur Puncak Kristian Sikoway “ Karena  Tim BPK sudah ada di ilaga, Kepala-Kepala SKPD, Bendahara, dan pihak ketiga yang telah bekerja di Ilaga (kab. Puncak) untuk dapat segera bergabung di ilaga mendampingi BPK dan lebih koperatif lagi”, tutupnya dalam kegiatan tersebut.