• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Priode 2018-2023 Kepada Plh. Bupati puncak

30 Sep 2023 1044

Jumat 29, September 2023. Serah terima jabatan Bupati dan wakil bupati puncak priode 2018-2023 kepada Plh. Bupati puncak, bertempat di gedung Bupati Puncak kota ilaga. Dalam acara ini dilakukan tanda tangan serah terima oleh Bupati Puncak Priode 2018-2023 Willem Wandik SE. MSi, Plh Bupati Puncak Ir. Darwin K. L. Tobing MM. dan Juga Bapak Ukas S. Sos Mewakili Gub. Papua Tengah. 

Dalam sambutan Gub. Papua Tengah yang di wakili oleh Bapak Ukas S. Sos. Selaku staff ahli Bagian Kemasyarakatan SDM dan Otsus, Provinsi Papua Tengah. Menyampaikan "Sesuai pasal 131 Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008 bahwa dalam hal kepala daerah dan wakil daerah terjadi kekosongan, karena berakhirnya masa jabatan,  maka sekda melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah sampai diangkatnya pejabat kepala daerah". 

Disela sambutan Bapak Ukas, menambahkan ini Sekda itu automatis naik sebagai Plh. Sampai berakhir dan  terpilihnya Penjabat dan Penjabat itu di pilih oleh Pusat. Sebagai tindakan lanjut dari kondisi diatas Pemerintah Provinsi Papua telah mengirimkan surat radiogram dari PJ. Gubernur Papua Tengah nomor T-131/1223/PPT tanggal 22 September 2023 tentang berakhirnya masa jabatan. 

Dalam sambutan Mantan Bupati Willem Wandik S.E. M.Si Periode 2018-2023 " Terima kasih kepada bapak Ukas yang mau hadir di ilaga, Ini juga merupakan rumah Bapak.Masa jabatan saya Secara resmi sdh berakhir pada tanggal 24 September 2023 tetapi ada mekanisme yang harus kita lalui adalah penyerahan berita acara yg di lakukan hari ini".

Selama pada masa transisi ini perlu adanya pengisi kekosongan maka dilakukan penyerahan jabatan ini ke Plh agar roda pemerintahan terus berjalan karena, pemerintah ini seperti bernafas dimana harus terus menerus bernafas. Jadi penyerahan jabatan ini harus ada, Tambah Willem Wandik dalam sambutannya. 

Plh Bupati Puncak juga mengatakan dalam sambutannya " Ketika saya menjadi Plh, saya akan menjadi  perpanjang pemerintah di masa transisi ini, sekali lagi pemerintah di kabupaten tidak boleh kosong dgn ada kekosongan maka akan ada berbagai pihak yang akan merasa menjadi kepala daerah dan merasa mengkoordinir daerah, kemudian dengan itulah aturan-aturan di bentuk,  oleh karena itu di semua pejabat di level manapun di isi oleh Plh,  sebelum pejabat selanjutnya dilantik.
Mohon dukungan dari berbagai pihak, karen puncak ini bukan milik saya, milik org perorang atau milik kelompok tapi milik. Kalau memang kita mencintai puncak ini mari kita bekerja bersama memberikan yang terbaik. Tutup Darwing Tobing pada sambutan sore itu.