• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Gudang Logistik Mulai Dibangun di Agandugume, Bupati Puncak: Kado HUT RI untuk Rakyat

18 Aug 2023 824

Pemerintah Kabupaten Puncak, Papua Tengah mulai membangun gudang logistik untuk mengatasi bencana kekeringan dan kelaparan di wilayahnya.

Peletakan baru pertama oleh Bupati Puncak, Willem Wandik, SE, M.Si di Distrik Agandugume menandai pembangunan gudang tersebut.  Pembangunan ini juga merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Wiodo untuk mengatasi bencana di Kabupaten Puncak.

Pembangunan gudang logistik mendapat sambutan hangat dari masyarakat Agandugume dan Lambewi. Mereka menyambut rombongan Bupati Willem Wandik yang tiba menggunakan pesawat caravan.

“Masyarakat Agandugume dan Lambewi sangat bersuka cita. Mereka menyambut baik pembangunan gudang logistik untuk mengatasi bencana kelaparan di Lembah Agandugume dan Lambewi,” kata Nius Tabuni mewakili tokoh agama dalam rilis, Kamis 17 Agustus 2023.

Nius memastikan masyarakat siap ikut berpartisipasi dalam pembangunan gudang ini. Sebab, gudang logistik sudah menjadi kerinduan masyarakat kedua distrik sejak lama dalam mengatasi bencana kelaparan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan para menteri, serta Gubernur Papua tengah. Semua sudah membantu kami di sini, kami minta pembangunan gudang jangan lama, dua bulan sudah selesai,” ucapnya.

Ia berharap pemerintah dapat mengaktifkan pengobatan di puskesmas, serta proses belajar mengajar di Distrik Agandugume dan Lambewi. “Harapan kami bukan saja pembangunan gudang logistik, namun juga penyelesaian pembangunan Lapangan Terbang Agandugume,” tuturnya.

Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan pembangunan gudang logistik merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi antara Menteri Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan (PMK)RI Efendy dan Presiden RI Joko Widodo.

“Pembangunan gudang ini merupakan jawaban dari doa bapak dan mama-mama mereka di sini. Akhirnya Tuhan jawab melalui kebijakan Presiden Jokowi. Ini juga merupakan kado ulang tahun RI ke-78 buat kalian di daerah ini,” ujarnya.

Willem Wandik bilang, bencana kekeringan dan kelaparan di dua distrik ini memberikan hikmah dan ada juga berkat. Pemerintah pusat bahkan akan membantu dalam menyelesaikan pembangunan Lapangan Terbang Sinak.

“Dari yang ada saat ini sehingga bisa didarati oleh pesawat jenis ATR. Maka, Distrik Sinak akan menjadi daerah penyangga ekonomi bagi daerah-daerah sekitar, Agandugume, Lambewi, bahkan Ilaga dan juga Mulia, Puncak Jaya,” ucapnya.

Pemerintah juga berencana meningkatkan jalan  darat untuk memudahkan angkutan logistik. Namun, Willem Wandik meminta masyarakat menjaga keamanan daerah agar program pemerintah hadir di pelosok.

“Saya minta cuma satu saja, kalian jaga keamanan, jika daerah ini aman, maka semua program negara akan hadir sini. Akan mengubah masyarakat di sini, terutama generasi kita saat ini, menjadi maju dan sejahtera,” ujarnya