• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Menteri ESDM Siap Dukung Puncak Terang, Menteri Perdagangan Apresiasi Kehadiran Grosir Ilaga

15 May 2017 462

JAYAPURA- Sementara itu yang menarik juga dalam kunjungan Presiden Joko Widodo saat peresmian PLTU Holtekamp, ternyata Bupati Puncak Willem Wandik, mendapat perhatian khusus dari Menteri Energi dan sumber daya Mineral (ESDM) Ignasius Johan, bahkan keduanya  berpelukan, Menteri ESDM pun langsung mengajak Bupati Puncak, untuk bertatap muka di salah satu tenda yang disiapkan oleh Panitia di lokasi tersebut.


Usai Pertemuan, Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan bahwa pertemuan singkat tersebut, dimana Menteri ESDM lebih banyak bertanya soal kondisi kelistrikan yang sementara sedang dibangun d Puncak, terutama Pembangkit Listrik tenaga Hidro, dan Pemerintah pusat siap membantu sampai pembangkit tersebut beroperasi.


“Intinya menteri ESDM siap membantu pusat pembangkit listrik di Puncak, seperti Pembangkit listrik tenaga mini Hidro berkekuatan 350 KVH,sementara ini sedang dikerjakan, diharapkan akhir 2017 atau awal 2018 sudah bisa berperasi, dan Ilaga akan terang-menderang,” tukas Bupati.


Lanjutnya, untuk Distrik Sinak dan Beoga juga sudah ada pembangkit listrik tenaga air, dan ke depan Pemerintah akan meningkatkan kapasitasnya yang lebih besar dari kekuatan saat ini, sehingga kedua Distrik tersebut juga akan terang menderang, semua masyarakat bisa menikmati kehadiran dari pembangkit listrik tersebut.
“Untuk Distrik lainnya, dimana Pemerintah pusat siap membantu dalam mengembangkan pusat-pusat tenaga listrik terbarukan yang menggunakan sungai atau air terjun, atau tenaga surya, sesuai dengan kondisi lokal di daerah Puncak,intinya Menteri ESDM sangat mendukung sekali menuju Kabupaten Puncak yang terang-menderang,”tukasnya.
Katanya, dengan adanya pembangkit listrik mini hidro tersebut, diharapkan ke depan akan muncul pusat-pusat ekonomi baru, termasuk pusat produksi lainnya, sehingga investasi semakin banyak ke Kabupaten Puncak dan dampaknya adalah ada pergerakan ekonomi di masyarakat, akhirnya masyarakat Puncak, semakin sejahtera.


Selain Menteri ESDM, yang menariknya juga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang ikut juga dalam rombongan Presiden RI Joko Widodo Ke Jayapura, juga memberikan apresiasi terkait dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Puncak, ang menghadirkan grosir bagi masyarakat, dalam rangka menekan harga yang begitu tinggi di daerah tersebut.Demikian hal tersebut seperti dilancir dalam salah satu media nasional Kompas edisi 10 Mei.
“Kami akan berkordinasi dengan Pemkab Puncak, untuk mengoptimalkan pelayanan fasilitas terebut, intinya kami akan memberikan bantuan bagi mereka, misalnya sarana transprtasi mendistribusian sembako ke Puncak, “ungkap Menteri Perdagangan.


Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, yang kemarin ikut juga mendampingi Presiden Joko Widodo menyambut baik pernyataan menteri Pedargangan, dirinya juga tidak sangka jika Menteri perdadangan bisa memberikan perhatian kepada Puncak, dengan kehadiran Grosir Ilaga, bahkan soal data-data yang diminta oleh Menteri Pedagangn dirinya siap untuk memberikan, demi masyarakat di kabupaten Puncak.
Lanjut Bupati Puncak,kehadiran Grosir Ilaga ini ternyata mampu untuk menakan harga barang di Kabupaten Puncak, artinya dengan kehadiran Grosir maka pemerintah bisa ikut dalam menstabilkan harga di Kabupaten Puncak, terutama di Ibu Kota Kabupaten Puncak Ilaga dan Gome.


“Kita juga akan bangun di Distrik Sinak dan Beoga,sehingga kita bisa kendalikan harga,”tukasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengapresiasikan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Papua, bahkan yang membanggakan adalah orang nomor satu di Indonesia ini hanya naik sepeda roda dua untuk meninjau kondisi jalan trans Papua ke Habema.


“Perhatian Presiden ke Papua cukup besar, buktinya di tempat yang berbahanya seperti di Habema saja, Presiden bisa naik sepeda motor, ini ada makna tersendiri yang perlu direnungkan oleh masyarakat Papua dan diterjemahkan oleh Pembantu-pembantu Presiden,”tukas Bupati.
Kata Bupati, Presiden begitu menaruh perhatian serius terhadap pembangunan di Papua, sampai-sampai sudah enam kali di Papua, merupakan kunjungan paling banyak selama sejarah Presiden ke Presiden.(Diskominfo Puncak)