• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

AKSES JALAN ILAGA – WANGBE MULAI DIKERJAKAN

29 Nov 2015 854

Bupati Puncak, Willem Wandik, SE, M.Si meresmikan pembukaan akses jalan kabupaten yang menghubungkan Ilaga-Wangbe dan distrik baru Ogamani. Peresmian pembukaan akses jalan kabupaten dilaksanakan di Eromaga (beberapa meter dari Bandara Aminggaru, Ilaga), ditandai dengan dibunyikannya alat berat (excavator) oleh Bupati Wandik. Sebelum dibunyikan, diawali doa bersama meminta tuntunan Tuhan agar proses pembangunan jalan, bisa berjalan  baik dan lancar.

Kegiatan tersebut disaksikan Asisten II Sekda Puncak Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Imanuel Kogoya, SH, MH, Kepala DPU, Jasman, ST, Kepala Bappeda, Ir Darwin H.L Tobing, MM, Sekwan, Leonar A Hemamahwa, A.P, M.Si, Kabag Infokom, Darwin Pongmanapa, S.Kom, beberapa pejabat lainnya di lingkungan  DPU bersama staf, Kepala Kampung Eromaga, Usai Murib, pihak kontraktor, masyarakat. Akses jalan yang dibuka tersebut panjangnya kurang lebih 25 kilometer. Pembangunan akses jalan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).  Untuk tahap pertama, akses jalan yang akan dibuka sepanjang 6 kilometer. Pembangunannya dilakukan bertahap hingga nanti mencapai 25 kilometer.

Bupati Puncak, Wandik pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa akses jalan Ilaga-Wangbe merupakan salah satu akses yang harus dibuka, pasalnya selain membuka keterisolasian daerah, akses tersebut diharapkan membuka  serta menghidupkan perekonomian masyarakat. Ini akses jalan untuk akses ekonomi. Kita harapkan masyarakat yang ada di sana, perekonomiannya bisa tumbuh lebih cepat. Akses jalan ini lebih cepat dibanding akses jalan yang lain. Ini akses jalan alternatif, jalan strategis dan cepat. Mudah-mudahan ini menjadi akses jalan kabupaten yang dibuat Pemkab Puncak,î katanya.

Akses jalan kabupaten lainnya yang akan dibangun oleh pemerintah adalah Ilaga-Agandugume. ìTahun ini, akses  jalan resmi kita buka, mudah-mudahan dalam pembangunannya, tidak ada halangan di tengah jalan, Bupati menambahkan, selain akses jalan tersebut pemerintah melalui Balai PU juga telah membangun akses jalan Ilaga-Beoga-Sugapa, Ilaga-Sinak-Puncak Jaya. 

Lewat kesempatan itu juga, Bupati Wandik menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang ada di Eromaga dalam hal ini Murib-Wanimbo yang telah mendukung pembukaan akses jalan tersebut. Saya merasa jalan ini adalah jalan yang baik, karena jalan ini adalah jalan akses yang paling ekonomis, karena di situ ada hutan kayu, material dan  berbagai sumber alam lainnya yang memiliki nilai ekonomi. Sehingga dengan dibukanya akses akan memudahkan masyarakat untuk mengelola serta menggunakan, memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki nilai ekonomi untuk mendapatkan hasil atau pendapatan demi peningkatan perekonomian masyarakat setempat

Sementara itu, Kadis PU, Jasman menjelaskan akses jalan yang sudah direncanakan pemerintah adalah akses jalan Ilaga-Beoga, akses jalan tersebut merupakan akses jalan lama.