• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

Syarat Pemekaran Puncak Timur Sudah Rampung Masyarakat Sinak Serahkan Lahan Ibu Kota Kabupaten Puncak Timur

02 May 2017 1061

K-F: Nampak Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M.Si, saat berdialog dengan masyarakat di Distrik Sinak,Senin (20/3),pemekaran Puncak Timur tinggal tunggu waktu.

SINAK-Rencana pemekaran Puncak Timur, yang nantinya beribukota di Distrik Sinak, ternyata sudah memenuhi syarat administrasi layaknya sebuah Kabupaten, oleh sebab itu Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M.Si, berharap agar masyarakat di Distrik Sinak dan distrik sekitarnya, yang nantinya masuk dalam pemekaran Kabupaten Puncak Timur, untuk berdoa dan bersatu,menjaga keamanan, sehingga Kabupaten tersebut, secepatnya bisa disetujui oleh pemerintah pusat.
“Syarat administrasi untuk mendukung Kabupaten, baik pemekaran distrik, dan kampung, maupun administrasi lainnya seperti wilayah,penduduk, semua sudah selesai, sedang digodok di pusat,pemekaran sudah di depan mata, sehingga saya minta masyarakat Sinak, berdoa saja,”ungkap Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M.Si, di Sinak,senin (20/3),kemarin.
Bahkan dalam kunjungan Bupati Puncak ke Distrik Sinak, Senin (20/3),kemarin, ternyata masyarakat secara resmi menyerahkan tanah hak ulayatnya kepada pemerintah untuk dijadikan lokasi pembangunan Kabupaten pemekaran Puncak Timur, melalui Kepala sukunya Negro Wanimbo.
“Hari ini mereka sudah serahkan tanah cukup luas kepada pemerintah, dari Bandara sampai di kepala kali, itu akan menambah syarat bagi kita untuk diserahkan ke pusat, sebagai syarat pemekaran Kabupaten Puncak Timur,”ungkap Bupati.
Kata Bupati Pemekaran Puncak Timur, merupakan prioritas program dalam kepemimpinannya, bahkan dirinya selalu berjuang di pusat, sebab saat ini daerah Sinak membutuhkan pemekaran Kabupaten, agar daerah ini juga bisa berkembang sama seperti daerah lain, apalagi daerah ini dikenal sebagai daerah konflik, sering terjadi kontak senjata antara kelompok sipil bersenjata (KSB)dengan TNI/Polri, dampaknya adalah pembangunan tidak berjalan dengan baik,dan masyarakat Distrik Sinak dan sekitaranya yang rugi, mereka tidak berkembang sama seperti saudara-saudaranya yang lain, masih tertinggal, sehingga satu jalan untuk membangun daerah ini, hanya dengan pemekaran daerah.
“Semua syarat yang diperlukan sebagai dasar pemekaran Puncak Timur, sudah rampung, kita berdoa, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kabupaten ini bisa ada untuk menjawab persoalan pembangunan di daerah ini,”ajaknya.
Sementara itu Kepala suku wilayah Sinak Negro Wanimbo menjelaskan bahwa masyarakat di 10 distrik di wilayh Sinak dan sekitarnya, mendukung program Bupati Puncak, terkait perjuangan untuk pemekaran Kabupaten Puncak Timur, karena pemekaran Kabupaten ini sudah menjadi kerinduan masyarakat sejak lama.
 “Kami masyarakat Sinak mendukung program dari Bupati untuk berjuang soal pemekaran Puncak Timur, harapan kami agar seluruh masyarakat mendukung, jangan pecah, sebab hanya pemekaran bisa menjawab persoalan pembangunan di daerah ini,”ungkapnya.(Dikominfo Puncak/cak)