• Selamat Datang di Kabupaten Puncak

PKK Kabupaten Puncak Belajar Industri Kecil Berbasis Agro Di Kota Wisata Batu

18 Oct 2014 461

Dalam rangka meningkatkan peransertanya bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Puncak,  Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak melakukan kunjungan kerja ke Kota Wisata Batu Provinsi Jawa Timur. Kunjungan yang diikuti oleh 20 orang pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak tersebut dipimpin langsung oleh Ketuanya, Ibu Elpina K. Wandik, A.Md.Kep. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari antara tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2014 tersebut bertujuan untuk menjajaki kerjasama antara  PKK Kabupaten Puncak dengan PKK Kota Wisata Batu tentang pemberdayaan perempuan dan keluarga khususnya dalam bidang pertanian dan industri kecil berbasis agro. Rombongan diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Wisata Batu, Ibu Dewanti Rumpoko, di ruang pertemuan Rumah Dinas Walikota.


Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak, menjelaskan bahwa Kabupaten Puncak memiliki karakteristik eko-klimatologi dan kondisi geografis yang serupa dengan Kota Wisata Batu, sehingga perlu banyak belajar khususnya dalam pengembangan pariwisata dan industri kecil berbasis agro. Karenanya, kata istri Bupati Puncak Willem K. Wandik tersebut, Kota Wisata Batu sangat istimewa bagi Kabupaten Puncak, sehingga dalam satu bulan terakhir Pemerintah Kabupaten Puncak telah tiga kali melakukan kunjungan kerja, dimana sebelumnya Bupati Puncak serta Dinas Pertanian Kabupaten Puncak yang membawa rombongan petani juga belajar di Kota Wisata Batu.


Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Wisata Batu, Ibu Dewanti Rumpoko disertai dengan jajaran pengurus, menyambut hangat kedatangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak. Dalam sambutannya, Istri Walikota Wisata Batu Edi Rumpoko ini menjelaskan tentang potensi-potensi Kota Wisata Batu serta program-program PKK yang telah banyak memberikan kontribusi yang nyata bagi perekonomian  serta peningkatan  kualitas keluarga.


Dalam rangka melihat langsung  aktifitas industri kecil berbasis agro, Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak juga melakukan kunjungan ke sentra pertanian dan industi kecil berbasis agro binaan Tim Penggerak PKK Kota Wisata Batu. Kunjungan dimaksud  antara lain ke Industri Minuman Sari Apel Brosem, Industri Permen Susu RR Milk di Oro-Oro Ombo, Industri jenang dan aneka kripik UD Ramayana   Agro Mandiri Bumi Aji serta ke kawasan pertanian di Desa Sumber Brantas. Untuk meningkatkan kemampuan melakukan pengolahan makanan dari umbi-umbian yang merupakan produksi unggulan Kabupaten Puncak, Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak juga berkesempatan mengikuti pelatihan membuatan produk olahan aneka umbi di Balai Penelitian Tanaman Aneka kacang dan Umbi di Kendalpayak Kabupaten Malang, yang merupakan lembaga dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian.